Kamis, 24 November 2011

Imam Besar Masjidil Haram Syaikh Prof.Dr Su’ud ibn Ibrahim Shuraim حفظه الله Penulis : Fadhel ahmad


Beliau seorang ulama yang sebenarnya sudah sangat terkenal baik di kalangan penuntut ilmu ( Kyai ,Ust ,mahasiswa islam maupun santri) dan juga kalangan awan.Beliau terkenal dengan lantunan bacaan al qur’an yang khas,maksud kami menulis profil beliau adalah agar kaum muslimin  mengenal beliau tidak sekedar   sebagai seorang qori saja,tetapi lebih dari itu bahwa beliau adalah seorang ulama yang mempunyai kapasitas di dalam ilmu-ilmu syariat ini.Beliau adalah Fadhilatus Syaikh Prof Dr Su’ud ibn Ibrahim Shuraim Hafidhohullah Ta’ala ,Selamat membaca.

Kelahiran dan pertumbuhan beliau
Beliau adalah Su’ud bin Ibrahim bin Muhammad Alu Syuraim  Sebuah kabilah di kota Syaqro di daerah nejd. Beliau lahir di kota Riyadh ibu kota Arab Saudi tahun 1386 H.

Perjalanan beliau dalam mencari ilmu
Di tingkat dasar  beliau belajar  di Madrasah urain kemudian kemudian melanjutkan SMP di madrasah  An Namudzajiyah (Smp Percontohan ), selanjutnya melanjutkan SMA di  Al Yarmuk Asy Syamilah dan lulus pada tahun 1404 H.

Melanjutkan kuliyah di perguruan tinggi
Syaikh kemudian masuk Fakultas ushuluddin Universitas Islam Imam Muhammad bin Su’ud di Riyadz jurusan Aqidah dan Madzhab-madzahab kontemporer, beliau lulus pada tahun 1409 H (mendapat gelar Lc)pent.Kemudian beliau melanjutkan pendidikan S2 di Ma’had ‘Aly lilqodho(perguruan tinggi  kehakiman)pent,dan beliau meraih gelar magister (MA) di perguruan tinggi tersebut pada tahun 1413 H

Pada tahun  1416 beliau meluangkan waktunya untuk melanjutkan pendidikan S3 di Universitas Ummul Quro  Makkah dan beliau pun meraih gelar doctor di bidang Fiqih pada tahun 1423 H dengan predikat mumtaz( summacumlaude,istimewa)  dengan desertasi beliau berjudul  “Al Masalik Fil Manasik makhthutun Fil Fiqh Al Muqorin lilkirmani,dan waktu itu yang menjadi  musyrif atau Dosen pembimbing beliau dalam desertasi adalah Mufti Besar Saudi Arabia sekaligus Ketua Hai’ah Kibar Ulama ( Dewan Ulama Senior ) dan ketua Dewan Fatwa ,Samahatus Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah Alu Syaikh .

Guru-guru beliau
             Asy Syaikh Abdul Aziz bin Baz ( Mufti Besar Arab Saudi dahuli ),beliau mempelajari berbagai matan kitab ketika Syaikh bin Baz mengadakan kajian rutin di Masjid Agung Riyadh setelah subuh.
             Asy Syaikh Abdullah bin Jibrin (anggota Hai’ah Kibar Ulama) ,beliau belajar kitab Manarussabil Fil Fiqhi,Al I’tishom karya imam Ay Syatibi,Lum’atul I’tiqod karya ibnu qudamah,kitab tauhid Asy Syaikh Muhammad attamimi dan Fiqih Al Ahwal di Ma’had Al ‘Aly lil Qodho sewaktu  beliau Studi disana.
             Beliau membaca kitab Hasyiah ar Raudh al Murbi’ tentang fiqih madhzab hambali demikian juga tafsir ibnu katsir di hadapan Syaikh Abdullah bin Abdul Aziz bin Aqil agar beliau menyimaknya
             Syaikh Abdurrahman Al Barok ,beliau belajar kitab Aqidah Thohawiyah dan tadmuriyyah
             Syaikh Abdul Aziz Arrojihi ,beliau belajar Syarah Thohawiyyah
             Syaikh Fahd al humain  ,beliau belajar Syarah Thahawiyyah
             Syaikh Abdullah al Ghudayan(anggota Hai’ah Kibar Ulama) ,belajar Al Qowaid Al Fiqhiyyah dan kitab Al Furuq karya Al Qorofi ketika Studi di Ma’had ‘Aly Lil Qodho.
             Syaikh Dr Shalih Al Fauzan ( Anggota Hai’ah Kibar Ulama) Arab Saudi,beliau belajar Fiqih Al Buyu’ ketika Studi di Ma’had ‘Aly lil qodho.

Karier beliau
             Pada tahun 1410 ditunjuk sebagai dosen di Ma’had ‘Aly lilqodho( Pendidikan tinggi kehakiman)
             Tahun 1412 turun surat keputusan pengangkatan beliau sebagai imam dan khotib Masjidil Haram adapun sebelum itu beliau sangat terkenal sebagai imam di kota Riyadh,ibu kota Arab Saudi
             Pada tahun 1413 beliau di tunjuk sebagai hakim di Mahkamah tinggi Makkah ,walau pada tahun  1418 mengundurkan diri atas keinginan beliau sendiri.
             Pada tahun 1414 H disepakati untuk mengangkat beliau sebagai pengajar di Masjidil Haram ,selain itu beliau juga sebagai dosen di jurusan kehakiman pada fakultas Syari’ah Universitas Ummul Quro Makkah.
             Baru baru ini beliau meraih gelar Profesor di bidang Fiqih dan Ushul Fiqih ,adapun sekarang ini beliau juga sebagai Dekan Fakultas Syari’ah dan pendidikan Islam.


Syaikh dan Al Quran
 Syaikh Su’ud tergolong Qori yang kuat hafalannya ,beliau membaca Al Quran dari Riwayat Hafs ‘An  ‘Ashim .Beliau hafal Al Quran ketika masih muda dan beliau di kenal sangat menyibukkan diri dengan menghafal dan muraja’ah,bahkan di kisahkan beliau hafal surat an Nisa ketika menunggu lampu merah.

Pengaruh Beliau
Syaikh Dr Su’ud Shuraim termasuk Qori yang berpengaruh di penjuru negeri,hal ini diketahui manakala beliau mengadakan kunjungan untuk menyampaikan ceramah ke berbagai Negara akan banyak yang mencoba menyalami beliau. Di karenakan pengaruh beliau yang besar ,Sejumlah orang meniru beliau dalam pembacaan al quran hal ini juga dikarenakan suara beliau dalam melantunkan al quran sangat khusyu’ dan indah serta benar didalam melafadzkan huruf-hurufnya.


Karya tulis beliau
             Kaifiyyatu tsubutin nasab”tulisan tangan”
             Karomaat al anbiya
             Al Mahdi Al Muntadzor ‘Inda Ahlis Sunnah
             Al Minhaj lilmu’tamir wal haaj
             Wamidz Minal haram( kumpulan khutbah)
             Kholishuljaman thdzib manasikil haj min Adhwail bayan
             Ushul Fiqh sual wa jawab
             At tuhfah al makiyyah Syarh haiyah ibn abi dawud al aqdiyyah
             Khasyiah ‘Ala Lamiyah ibn Al qoyyim
             Fiqh Al Khotib wal Khutbah
             Al Marji’aat haula inkar Mushtofa Mahmud ahadits asy syafaat



Kajian beliau di Masjidil Haram
             Silsilah Syarh kitab Kasyfusy syubuhat
             Isrojulkhuyul fi nadhomil Qowa’idil arba’ wa tsalatsatul ushul
             An nadhom al habir fi fanning wa ushulit tafsir
             Silsilah Syarh Qosidah haiyah ibn abi dawud.

2 komentar: